Jumat, 13 November 2015

5 Kemampuan Yang Wajib Pelajar SMA Kuasai Sebelum Jadi Mahasiswa


Pola belajar ketika duduk di bangku SMA mungkin enggak terlalu berbeda sama pola belajar waktu di SMP. Tapi, kalau nanti kita bakal jadi mahasiswa, pola belajarnya bakal berbeda banget, girls. Nah, untuk membekali kita siap jadi mahasiswa, kita butuh mengasah beberapa kemampuan ini. Apa saja 5 kemampuan yang wajib pelajar SMA kuasai sebelum jadi mahasiswa?




1. Membuat catatan sendiri

(foto: huffingtonpost.com)
Mulai dari sekarang, kita harus mulai aktif membuat catatan pelajaran walau enggak disuruh mencatat sama guru. Soalnya, saat duduk di bangku kuliah nanti, kita bakal berhadapan dengan berbagai jenis dosen. Ada yang ngomongnya cepat, ada yang suka membagikan materi secara lisan daripada tertulis, dan sebagainya. Nah, agar bisa mengantisipasi hal tersebut, kita wajib punya kemampuan inisiatif membuat catatan sendiri. Coba mulai mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan topik pelajaran hari itu.

2. Lebih melek teknologi

(foto: npr.org)
Melek teknologi bukan berarti kita bisa mengakses Google atau social media saja, lho! Tapi juga mengulik aplikasi-aplikasi penting di komputer seperti Microsoft Office atau desain dan ilustrasi. Kita bakal lebih banyak menggunakan komputer ketika kuliah nanti seperti membuat makalah, presentasi, poster dan sebagainya. Makanya, mulai dari sekarang, kita mulai lebih mengulik komputer, yuk!

3. 'Nongkrong' di perpustakaan

(foto: corinetan.wordpress.com)
Pelajar SMA seperti kita mungkin jarang banget mondar-mandir ke perpustakaan. Tapi, saat kita jadi mahasiswa nanti kita bakal sering banget keluar masuk perpustakaan. Mulai dari mencari buku pustaka sampai data-data penelitian dan sebagainya. Jangan sampai pas kuliah nanti kita enggak ngerti peraturan perpustakaan atau cara meminjam buku. He-he-he.



4. Aktif di kelas

(foto: blog.goennounce.com)
Kalau kita enggak aktif ketika kelas di tempat kuliah nanti, kita bakal ketinggalan pengetahuan. Bisa jadi, kita bakal susah mengerjakan ujian di akhir semester. Nah, sikap aktif di kelas bisa kita pupuk mulai dari sekarang dengan lebih rajin bertanya ketika ada topik yang kurang dimengerti. Atau, lebih rajin menjawab ketika ada pertanyaan dari guru. Sikap aktif ini bisa membuat kita lebih mengerti pelajaran. Mungkin, kita enggak perlu banyak menghafal ketika ujian nanti.

5. Hobi baca berita

(foto: gifsec.com)
Update sama berita-berita terkini itu penting banget ketika jadi mahasiswa. Pertama, hal tersebut menambah dan memperkaya wawasan. Kedua, enggak jarang dosen kuliah melemparkan pertanyaan atau soal ujian studi kasus yang berkaitan dengan isu-isu masa kini mulai dari politik, ekonomi, budaya dan sebagainya. Kalau kita dari duduk di bangku SMA udah terbiasa rajin mengikuti berita, dijamin kita bakal bisa melalui masa perkuliahan dengan sukses! He-he-he.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Anda Kepo?