Jumat, 13 November 2015

4 Nama Jalan di Indonesia Ini Enggak Kita Sadari Adalah Nama Pahlawan, Lho!


Girls, kamu tinggal di jalan apa? Jangan-jangan, nama jalan tempat kamu tinggal itu sebenarnya adalah nama pahlawan nasional?

Kalau kayak Sudirman, Gatot Subroto, Ahmad Yani pasti kita udah tahu mereka pahlawan nasional. Tapi seenggaknya ada empat nama jalan yang diambil dari nama pahlawan nasional, namun ada yang enggak tau itu nama pahlawan!

Nah, mumpung hari pahlawan kita bakal bahas  nama jalan yang sebenarnya adalah nama pahlawan nasional, nih. Penasaran kan 4 nama jalan yang diambil dari nama pahlawan nasional? Ini dia!



KS Tubun

Jalan Aipda KS Tubun merupakan salah satu kawasan padat penduduk yang berada di jantung perbatasan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Banyak orang kini lebih mengenal Jalan Aipda KS Tubun sebagai Jalan Petamburan. Padahal, Petamburan adalah nama kelurahannya bukan nama jalan sepanjang 4,0 kilometer tersebut. Jalan Aipda KS Tubun membentang mulai dari perempatan Slipi hingga kolong flyover Jatibaru. Kawasan itu tumbuh menjadi kawasan padat penduduk.


Karel Satsuit Tubun.

Aipda KS Tubun atau yang memiliki nama lengkap Karel Satsuit Tubun, merupakan seorang perwira polisi yang menjadi korban tragedi G30S/PKI. Padahal, Karel sama sekali bukan merupakan jenderal sasaran G30S/PKI. Singkat cerita, Karel merupakan pengawal Wakil Perdana Menteri II Dr J Leimena. Rumah Leimena tepat di samping rumah Jenderal Abdul Haris Nasution.


Margonda

Meski cukup familiar di telinga masyarakat, nggak banyak warga Depok yang tahu jika Margonda adalah nama pahlawan nasional. Selama ini, warga lebih mengenal Margonda sebagai nama jalan utama di kota tersebut. Margonda memiliki nama asli Margana. Ia adalah salah satu pejuang yang gugur saat peristiwa Gedoran Depok pada sekitar November 1945.


Margana.




Daan Mogot

Enggak semua orang tahu persis siapa Elias Daniel Mogot. Nama pahlawan tersebut lebih dikenal dengan nama jalan utama akses Tangerang-Jakarta, yaitu Jalan Daan Mogot. Mayor berusia 17 tahun tersebut gugur dalam sebuah pertempuran di Lengkong, Tangerang, 25 Januari 1946 silam. Nama Daan Mogot hanya diingat sebagai nama jalan dan mal. Selebihnya, nama tersebut tak berarti. Duh.


Elias Daniel Mogot.


Taman Suropati

Di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, terdapat taman yang menjadi salah satu tempat favorit di Jakarta Pusat. Namanya Taman Suropati, yang dikelilingi jalan bernama Jalan Taman Suropati. Sebenarnya, nama Suropati pada taman dan jalan tersebut diambil dari nama salah seorang pahlawan nasional bernama Untung Suropati.


Untung Suropati.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Anda Kepo?