Jumat, 20 November 2015

15 Jenis Pekerjaan Cewek Yang Penghasilannya Lebih Besar dari Cowok!


Perlakuan seksis atau diskriminasi jender yang seringkali diterima cewek di tempat kerja, rasanya udah bukan rahasia lagi, girls. Beberapa cewek, yang terjun ke profesi dengan mayoritas cowok, sering dilaporkan menerima perlakuan yang berbeda. Namun ketika bicara soal gaji, apakah cewek juga mengalami kecenderungan seksis?





Lebih besar dari penghasilan cowok
Penelitian dari Federal Reserve Bank of New York, menemukan bahwa perbedaan gaji antara cewek dan cowok, sungguh terjadi. Uniknya, gaji cewek ternyata lebih tinggi sekitar 97 sen dolar AS atau setara dengan Rp 10.000 di awal masa kerja.

Hal ini terjadi pada cewek lulusan sarjana baru dengan jurusan dan pekerjaan yang sama. Data juga menunjukkan bahwa lulusan baru cewek menghasilkan lebih banyak uang daripada rekan kerja cowok, terhitung lewat 29 dari 73 jurusan paling umum di Universitas.



(foto: hercampus.com)


Berubah ketika karier berkembang
Namun hal tersebut akan berubah saat karier berada di tengah atau sedang berkembang. Contohnya saja di industri yang bergerak dalam jasa sosial. Pada waktu awal memulai pekerjaan, cewek dapat menerima 16 persen penghasilan lebih banyak dari cowok. Namun di tengah perkembangan kariernya,justru para cowoklah yang menerima 10 persen lebih banyak penghasilan dibanding rekan kerja cewek.

Bloomberg menyimpulkan bahwa hal ini terjadi karena peran rekruter pada tahap awal yang menginginkan keberagaman jender di tempat kerja. Namun ketika campur tangan departemen human resource enggak begitu kuat saat perkembangan karier, maka sangat mudah terjadi bias penghasilan antara cewek dan cowok.


(foto: rebloggy.com)

Sedangkan profesi di mana cewek rata-rata dibayar lebih tinggi daripada cowok ada di 15 bidang pekerjaan berikut ini:

1. Jasa pelayanan sosial
2. Terapi perawatan
3. Teknik industri
4. Sejarah seni
5. Teknik dirgantara
6. Jasa konstruksi
7. Analisis bisnis
8. Teknik mesin
9. Ilmu bumi
10. Ilmu nutrisi
11. Teknik sipil
12. Filsafat
13. Pendidikan umum
14. Teknik listrik
15. Teknik kimia

Hmm... Siap-siap ambil jurusan kuliah itu, yuk, girls! He-he-he.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Anda Kepo?