Jumat, 13 November 2015

15 Trik Membuat Foto Instagram Yang Bisa Nambah Followers


Girls, kita bisa membuat foto Instagram kita lebih banyak disukai dan mendapat followers banyak dengan trik-trik ini. Walau kita enggak punya latar pendidikan atau pengalaman sebagai seorang fotografer, kita tetap bisa menghasilkan foto Instagram yang menarik. Coba ikuti 15 trik membuat foto Instagram yang bisa menambah followers berikut ini, yuk!



1. Foto makanan dengan teknik tertentu
Ambil angle foto makanan kita dari atas. Kalau foto menggunakan hape kurang lebih 90 cm dari subjek.


2. Pencahayaan natural
Sebisa mungkin gunakan cahaya natural yaitu cahaya matahari untuk mendapat kualitas foto yang baik. Ketika kita berada di ruangan dengan lampu, usahakan untuk mengambil foto menghadap jendela sehingga cahaya matahari bisa masuk.

3. Foto di pagi dan siang hari
Berbicara soal pencahayaan natural, ada baiknya buat kita mengambil foto untuk Instagram di pagi atau siang hari. Jadi, kalau buat makanan, kita bisa mengambil foto untuk sarapan dan makan siang. Menurut fotografer makanan asal Amerika Serikat Daniel Krieger, saat ia di restoran ia lebih cenderung mengandalkan cahaya alami pada pagi dan siang hari.




4. Gunakan hape lain sebagai cahaya
Tapi... Makanan super lucu yang kita santap itu baru di malam hari. Nah, kalau kita memang pengin banget foto suatu objek lucu di malam hari dengan pencahayaan yang sangat minim, kita bisa menggunakan hape lain sebagai cahaya tambahan.Pegang hape sebagai cahaya tambahan dengan angle 45 derajat dari objek. Triknya lagi, kita bisa memantulkan cahaya ke sekitar objek yang berwarna putih sehingga hasil cahaya yang didapat akan lebih terang nantinya.


5. Tambahkan nuansa biru pada foto
Nuansa warna biru itu 24 persen lebih banyak disukai daripada foto lain. Sebuah penelitian mengungkapkan, foto dengan nuansa warna merah dan orange lebih sedikit disukai, sedangkan foto dengan nuansa biru lebih disukai. Makanya, enggak heran kalau foto dengan objek langit atau pantai lebih menarik perhatian. Nah, triknya, kita bisa fokus menonjolkan warna biru ketika mengedit warna foto.



6. Notepad untuk menulis caption
Di Instagram, kita enggak bisa membuat jeda ke bawah antar kalimat, sehingga kita butuh trik sendiri jika memang butuh menggunakan jeda. Kita bisa menggunakan notepad di hape terlebih dulu untuk menulis caption atau juga bio. Kemudian, copy dan paste ke Instagram.

7. Hindari mengedit selfie berlebihan
Berdasarkan penelitian, foto wajah itu 30 persen lebih mudah mendapat likes daripada yang lain. Sehingga, kita tetap sesekali mengunggah selfie tapi pastikan kita tetap terlihat seperti diri sendiri. Kita bisa menggunakan aplikasi Squaready untuk 'menyamarkan' jerawat. Tapi, hindari menghaluskan wajah bahkan mengubah wajah kita seluruhnya dengan teknik edit foto tertentu.


8. Gunakan aplikasi Iconosquare
Nah, buat kita yang memang pengin menggunakan Instagram sebagai keperluan tertentu misalnya menjadi blogger, membuka akun untuk kepentingan publik seperti: majalah sekolah atau fanbase, kita bisa memantau perkembangan lewat Iconosquare. Hmm... Bisa dibilang, Iconosquare ini seperti Instagram analytics. Aplikasi ini bisa memantau gimana perkembangan Instagram kita di mata publik: pertambahan followers, pertambahan likes, dan sebagainya.




9. Fokus objek pada kamera
Hindari menggunakan fitur edit blur pada foto yang telah kita jepret. Lakukan fokus objek saat kita memotretnya. Kamera hape jaman sekarang sudah ada fitur fokus, kok. Jadi, kita tinggal mengetuk area objek pada layar hape. Fokus objek pada kamera akan terlihat alami dibandingkan menggunakan fitur edit.



10. Hindari menggunakan filter berlebihan
Saat menggunakan filter, hindari membuatnya terlalu mentereng atau terlalu terang. Filter yang berlebihan akan membuat foto kita terlihat kurang asli. Jadi ketika kita hendak menajamkan, meningkatkan contrast, dan meningkatkan saturation, pastikan hasilnya tampak normal. Contohnya adalah foto di bawah ini. Pastinya, orang berharap melihat apel hijau bukan apel hijau neon. He-he-he.





11. Gunakan tagar yang sesuai dengan foto
Gunakan tagar di Instagram yang bisa meningkatkan kesempatan kita lebih banyak mendapat likes dan followers. Hal ini bisa memberikan kita keuntungan agar foto lebih banyak dilihat berbagai pengguna Instagram lainnya.

12. Nyalakan fitur HDR di kamera hape
Seiring perkembangan zaman, sekarang kamera hape sudah mempunyai fitur HDR. Dengan menyalakan fitur HDR, foto kita akan lebih jelas dan bisa menghindari efek low resolution seperti grainy.


13. Arahkan kamera tegak lurus
Ketika mengambil foto objek, pegang kamera hape tegak lurus dengan objek. Ketika kita ingin mengambil dari arah atas, maka benar-benar tegak lurus dengan objek. Jika kita ingin mengambil dari sisi objek, maka kamera juga harus benar-benar tegak lurus dengan objek. Lihat aja, girls, perbedaan hasil foto botol Diet Coke berikut ini. Dengan memegan kamera tegak lurus, hasilnya akan terlihat lebih profesional.




14. Enggak perlu menggunakan filter sama sekali
Coba gunakan alat editing Instagram sederhana yang tersedia di Instagram. Editing di Instagram itu simple dan enggak menunjukkan filter berlebihan. Kita bisa memilih untuk menambahkan terang, contrast, ketajaman dan sebagainya tanpa terlihat terlalu heboh. Coba lihat foto di bawah ini. Foto sebelah kiri menggunakan filter berlebih sementara foto sebelah kanan enggak menggunakan filter sama sekali.


15. Trik membuat bingkai foto cantik
Enggak jarang kita melihat akun Instagram orang dengan bingkai foto yang menarik. Tapi, tetap menggunakan Instagram filter. Caranya: Ubah aturan hape kita ke Airplane Mode, edit foto kita dengan filter Instagram, lalu klik post. Foto enggak akan terunggah tapi foto yang telah diedit akan tersimpan di hape. Setelah itu, kita bisa menggunakan aplikasi membuat bingkai, lalu posting beneran kali ini ke Instagram.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Anda Kepo?